Rabu, 04 Mei 2011

Review SmartQ T7-3G

Cukup Mengesankan

Dengan fasilitas yang agak terbatas, tablet Android baru ini menawarkan pengalaman pertama yang cukup mengesankan.
Satu lagi hadir tablet produksi Cina. Produk tersebut adalah SmartQ T7-3G. Produk ini ikut menyemarakkan kebangkitan tablet PC di tanah air. Sebenarnya, ada dua versi SmartQ T7, satu dengan dukungan koneksi 3G/ WCDMA dan satu lagi tanpa dukungan koneksi 3G/WCDMA. Kebetulan, kami mendapatkan produk yang pertama yang juga telah dilengkapi dengan dukungan koneksi via Wi-Fi.
Menilik ukuran fisiknya yang tak berupa layar penuh (seperti beberapa model tablet yang lebih dulu hadir), SmartQ T7-3G hadir dengan bentuk yang mirip eBook Reader (dengan rangkaian tombol fisik yang terletak di bagian bawah. Keempat tombol ini (Back, 4-way, Home, Menu) berukuran cukup besar dan memang sangat berguna untuk mengakses tablet secara cepat. Namun imbasnya, keberadaan tombol ini membuat ukuran tablet menjadi lebih panjang (21 cm) meskipun tablet ini hanya memakai layar 7”.
Namun demikian, desain tablet berwarna putih ini tetap menarik dan mantap digenggam meskipun tanpa tas pelindung.
Karena tergolong pendatang baru, Smart T7-3G yang menggunakan prosesor ARM 720 MHz ini masih menggunakan sistem Android 2.1 (Éclair). Beberapa aplikasi standar juga disertakan yang sayangnya kurang ter-update. Kapasitas storage internal yang hanya berkapasitas 2 GB juga terbilang minim untuk menampung instalasi aplikasi ke dalam tablet. Untung saja tersedia slot SD yang bisa menerima kartu memori sampai kapasitas 32 GB. Untuk memudahkan ber-Internet secara mobile, juga tersedia slot SIM. Namun slot ini hanya bisa dipakai untuk melangsungkan komunikasi data (alias tak memungkinkan komunikasi suara).
Berbekal baterai Li-polymer 4700 mAh, Smart T7-3G sanggup bertahan terus-menerus dengan pemakaian rata-rata 7-8 jam (dengan koneksi WiFi dihidupkan). Anda akan dapat ber-Internet cukup lama, membaca eBook, mengetik dokumen, bermain game, atau melakukan download berbagai aplikasi dari Android Market. Nah masalahnya, aplikasi Market versi 1710 di tablet ini justru akan “ngambek” bereaksi jika sudah di-update. Akibatnya akses ke Android Market akan memunculkan error. Untunglah update Market berikutnya dari Google sudah dapat mengatasi error tersebut. Ini membuat Anda tak harus membuang update Market setiap kali akan mendownload aplikasi (lihat keterangan gambar).
Seperti juga tablet dengan prosesor kecepatan menengah, SmartQ T7-3G bekerja tidak terlalu cepat dan sering tertatih saat membuka banyak aplikasi. Karena itu, sering-seringlah menjalankan Task-Killer dan membersihkan cache agar kinerja sistem kembali lancar.
(Deny Prasetyo)
***
Di versi berikutnya produsen SmartQ akan menghadirkan tablet dengan fasilitas lebih lengkap dan ter-update namun dengan harga yang juga kompetitif. Fasilitas penunjang lain seperti kamera dan komunikasi suara memang belum tersedia. Namun, justru hal ini ini membuat harga tablet ini menjadi lebih ekonomis

Spesifikasi SMARTQ T7-3G
Prosesor
Telechip 8902 ARM11 720 MHz
RAM
256 MB DDR2 SDRAM
Layar
7” / 800x600 pixel (SVGA) Resistive touchscreen
Storage Internal
2 GB NAND Flash
Koneksi
SD card / Micro USB 2.0 / Audio Out / 3G-WCDMA
Baterai
Lithium-Polymer/4700 mAh/ Waktu siaga hingga 4,5 jam
Sistem Operasi
Android 2.1 (Éclair)
Dimensi (plt)
21x13,6x1,6 cm
Kelengkapan
Kabel USB; Adaptor; Earphone; Manual
Bobot
420 gram
Situs Web
Garansi
1 tahun
Harga kisaran*
US$300
* Media Polar, (022) 731-4507, Minggu pertama Februari 2011


Tombol Fisik
Keberadaan tombol fisik seperti ini memudahkan pemakai mengakses Menu, pilihan menu, kembali ke Home, atau mengubah besaran volume dengan cepat. Sayangnya, ukurannya agak besar dan terasa kurang empuk.



Slot SD/MMC
Untung saja SmartQ menyediakan slot SD/MMC yang lebih besar dibandingkan tablet umumnya yang menggunakan microSD berukuran mungil.

Market Error Agar bisa mengakses Market yang error, bukalah Setting > Applications lalu pilih Manage applications dengan menentukan filter ke semua aplikasi (All). Selanjutnya, pilih Market dan unnstall bagian update. Namun update Market yang lebih baru (v.2002211 ke atas) tak memerlukan langkah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: Review SmartQ T7-3G

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification