Minggu, 15 Mei 2011

Meningkat, Volume dan Kecanggihan Ancaman Cyber


Jika Anda sering melakukan aktivitas penjelajahan Internet, berhati-hatilah. 
Pasalnya, berdasarkan temuan Symantec, volume dan kecanggihan ancaman cyber telah meningkat. 

Hal ini mengemuka dalam Internet Security Threat Report Vol 16 Symantec. Dalam laporan yang dipaparkan di sela-sela acara Symantec Symposium 2011 ini, terlihat bahwa pada tahun lalu ada sekitar 286 juta ancaman baru terhadap dunia cyber.
 
Temuan ini mencatat adanya beberapa fakta menarik yakni meningkatnya frekuensi dan kecanggihan serangan (di lingkungan enterprise), meningkatnya penggunaan situs social media sebagai wadah penyebaran serangan, serta makin banyaknya serangan terhadap perangkat bergerak. Peningkatan serangan ini menurut Symantec mencapai angka 93% pada tahun 2010 dibandingkan yang terjadi pada tahun 2009.  

Raymond Goh (Regional Technical Director Systems Engineering Symantec) menyatakan bahwa sifat dan ancaman keamanan kini telah makin meluas. Menurutnya, serangan ini kini selain menyasar rekening perorangan pada suatu bank, juga membidik informasi dan infrastruktur fisik suatu negara. 

Secara ringkas, Symantec menyimpulkan bahwa serangan ini dapat digolongkan ke dalam beberapa tren yakni bersifat terarah (dimulai pada tahun 2010), menggunakan situs social media untuk melancarkan serangan, menggunakan toolkit serangan untuk membidik sistem berbasis Java, serta mulai banyak menyerang perangkat bergerak.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: Meningkat, Volume dan Kecanggihan Ancaman Cyber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification