Rabu, 04 Mei 2011

Menangi Imagine Cup 2011, Tim Gatotkaca ke New York


Wakil Indonesia untuk berlaga di final global Microsoft Imagine Cup 2011 terpilih sudah. Awal Juli mendatang, Tim Gatotkaca yang merupakan gabungan mahasiswa ITB dan IT Telkom akan terbang ke New York, AS.
Dalam final regional Indonesia yang berlangsung di fX Lifestyle Center, Jakarta, siang ini (3/5), tim Gatotkaca berhasil menyisihkan tiga pesaing lainnya, yaitu tim Eqlips dan DreamBender (dari IT Telkom) serta Gadjah Mada (UGM).

Di hadapan para juri yang terdiri dari Risman Adnan (Developer and Platform Lead, Microsoft Indonesia), Djarot Subiantoro (Ketua ASPILUKI), dan Martin Hartono (Direktur GDP Ventures), tim Gatotkaca menyampaikan hasil karya mereka bertajuk "Childhood". 

Proyek "Childhood" adalah pengembangan aplikasi mobile yang menawarkan solusi terhadap masalah malnutrisi di kalangan anak-anak usia balita. Dengan aplikasi ini, para ibu bisa memperoleh akses informasi dan mendeteksi gejala-gejala awal bila anaknya mengalami kekurangan gizi.

“Misalnya, jika si anak dehidrasi. Ibu tinggal mengambil sampel air liur anaknya, lalu dipotret dengan kamera ponsel. Aplikasi akan mampu mengenali pola kristalisasi khusus yang ditimbulkan air liur.sebagai salah satu gejala dehidrasi,” papar Dody Qori Utama, salah satu anggota tim Gatotkaca.

Di samping Dody yang berlatarbelakang pendidikan S2 Teknik Biomedik ITB, tim Gatotkaca juga diperkuat oleh Arganka Yahya (Teknik Informatika IT Telkom), Kania Audrint (Teknik Informatika IT Telkom), dan Anggunmeka Luhur Prasasti (Teknik Telekomunikasi IT Telkom).

Keempat mahasiswa ini dijadwalkan untuk mengikuti Imagine Cup 2011 New York pada tanggal 8 – 13 Juli 2011. Mereka akan bertanding dengan delegasi-delegasi dari puluhan negara lain pada kategori Software Design.

Ketika ditanya mengenai strategi delegasi Indonesia untuk mengungguli peserta-peserta lainnya, Sutanto Hartono (Presiden Direktur Microsoft Indonesia) menyatakan, “Salah satu poin tertinggi adalah uniqueness.” Faktor keunikan inilah yang akan lebih digarap dalam mempersiapkan Gatotkaca sebelum bertanding di pentas dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: Menangi Imagine Cup 2011, Tim Gatotkaca ke New York

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification