Kamis, 05 Mei 2011

Osama Tewas, Malware Mengganas

Kabar tewasnya Osama bin Ladin diakui telah memicu sikap keingintahuan (curiosity) dan histeria masyarakat. Kondisi yang demikian, tak terkecuali ikut dimanfaatkan oleh para penyebar malware.

Modusnya? Apalagi kalau bukan untuk menyebarluaskan berita singkat, baik dengan scam maupun phishing demi memuaskan rasa ingin tahu para user. Salah satu jebakan yang digunakan adalah dengan menyediakan weblink yang bisa diakses untuk melihat “foto atau rekaman video” tewasnya Osama.

Pasalnya, memang rasa keingintahuan yang sangat tinggi dari kelompok pengguna menjelang atau pasca terjadinya sesuatulah yang menjadi andalan penjahat maya ini beraksi. Modus phishing biasanya dilakukan menggunakan variasi cara, namun demikian hingga saat ini belum ada cara baru yang bisa digunakan untuk melakukan phishing tersebut. Kecuali user mampu melakukan deteksi secara proaktif dan hati-hati. 

Terkait dengan hal tersebut, Yudhi Kukuh (Technical Consultant di PT. Prosperita-ESET Indonesia) menyampaikan bahwa kehadiran malware dengan cara phishing maupun scam tersebut memanfaatkan kelengahan orang karena histeria yang luar biasa dalam menyikapi peristiwa tertentu. 

Dari beberapa kasus yang terjadi di tempat dan waktu yang berbeda menunjukkan kecenderungan bahwa ketika perhatian masyarakat sedang tertuju pada satu hal tertentu (bencana ataupun pernikahan, dsb) maka akan selalu ada bahaya yang mengintip para user yang tidak terkait langsung dengan peristiwa. 

Threatsense ESET sebagai kekuatan utama yang dilengkapi Advance Heuristic Engine secara cepat menangkap dan mengidentifikasi malware tersebut. Laboratorium Penelitian ESET juga telah berhasil mengurai kode-kode malware jahat yang merupakan varian dari malware yang sudah ada dan selama ini telah mampu diidentifikasi oleh ESET. 

Lebih dari itu, malware juga muncul dalam bentuk situs palsu menyusul terjadinya beberapa bencana besar seperti tsunami di Aceh, gempa di Haiti dan Selandia Baru, dan Tsunami Jepang. Dari sini biasanya penjahat maya akan meminta donasi dan mengaku sebagai badan amal sungguhan. Bahayanya, malware tersebut biasanya juga digunakan untuk pencurian data informasi keuangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: Osama Tewas, Malware Mengganas

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification