Senin, 23 Mei 2011

Produksi Apple Tertunda Akibat Ledakan


Pabrik milik Foxconn di Hongguang Town, Chengdu - Cina, yang memproduksi produk Apple dikabarkan meledak Jumat, 20 Mei lalu dan menewaskan 3 orang pekerjanya.

Foxconn memang menerima order pembuatan produk iPhone, iPod, dan iPad untuk didistribusikan ke seluruh dunia. Namun, ledakan di pabrik mereka menyebabkan produksi ditunda sementara guna investigasi oleh pihak berwenang. 

Kejadian ini dicemaskan membuat pasokan iPad 2 jadi tersendat. Padahal, tablet ini tergolong paling banyak dipesan orang.

Larisnya produk iPad yang mencapai 4,68 juta unit pada kuartal pertama 2011 memang membuat Apple kewalahan dan meminta pabrikan Foxconn mempercepat produksi guna memenuhi inden yang terjadi di pasar.

Aparat yang memeriksa kecelakaan memastikan tidak ada unsur kesengajaan atau sabotase dalam insiden ini. Ledakan diduga akibat bahan yang mudah terbakar di pabrik tersebut. Foxconn merupakan subsidiari dari Hon Hai Precision Industry, perusahaan asal Taiwan yang juga mendapat kontrak dari perusahaan TI macam Acer, Asus, HP, Intel, Nokia, dan Sony.

Meski terbilang pabrikan besar, Foxconn juga dianggap bermasalah dengan kesejahteraan karyawannya. Beberapa kontroversi diantaranya adalah tingkat jam lembur karyawan yang melampaui batas, upah yang minim, dan lingkungan kerja yang kurang kondusif sehingga menyebabkan kasus bunuh diri pekerjanya.
Untuk mencegah terulangnya kembali, belakangan ini Foxconn telah menaikkan gaji karyawan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: Produksi Apple Tertunda Akibat Ledakan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification