Jumat, 29 April 2011

OCZ RevoDrive

Kencang untuk Desktop
Perangkat ini memiliki kinerja baca-tulis yang lebih gegas dibandingkan harddisk biasa. 
Bagi Anda yang membutuhkan kinerja storage yang kencang, menggunakan perangkat simpan berjenis SSD merupakan solusi paling tepat. Ini juga didukung banyaknya drive ukuran 2,5” di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Salah satunya yang ditawarkan oleh OCZ via seri RevoDrive ini. Namun, produk ini memiliki perbedaan karena hadir dalam paket kartu PCI-e x4 dengan kapasitas 120 GB. Model card seperti ini diyakini akan menghemat ruang dalam casing PC desktop.
Kapasitas 120 GB di RevoDrive sebenarnya terbangun dari 2 buah pelat storage 60 GB (yang juga digunakan di model OCZ Vertex 2E). Saat harddisk ini ditilik lebih seksama, terlihat terpasangnya 32 buah chip memori (masing-masing berkapasitas 4 GB) pada board. Jika dijumlahkan, semua chip memori ini menghasilkan kapasitas total sebanyak 128 GB. Untuk mengontrol harddisk ini, dipakai dua buah controller SandForce. Sistem dua drive (2 x 60 GB) di RevoDrive dapat diubah ke modus RAID 0 untuk meningkatkan kinerjanya.
Secara teoritis, perangkat ini bisa membaca data dengan kecepatan mencapai 540 MB/detik (meskipun uji kami hanya mendapatkan nilai sekitar 460 MB/detik). Pada harddisk konvensional, kami mencatat transfer data berkapasitas 1 GB hanya membutuhkan waktu 47 detik. Sementara saat transfer data dilakukan via RevoDrive, hanya diperlukan waktu 19 detik (setidaknya 2x lipat lebih cepat).
Namun demikian, proses baca yang tidak konsisten (kerap naikturun) menjadi sedikit kekurangan drive ini. Seharusnya, hal ini bisa dikoreksi via peningkatan (upgrade) firmware. Sayangnya, mengingat pengontrol drive berada di belakang pengontrol RAID, upgrade agaknya akan sulit dilakukan.
(Deny Prasetyo)

HASIL UJI HD TACH 3.0.4.0
Random access
0,1ms
CPU utilization
2%
Average read
307,6 MB/detik
Burst speed
459,5 MB/detik

Spesifikasi OCZ REVODRIVE (OCZSSPX-1RVD0120)
Interface
PCI-e x4
Kapasitas
120GB
Buffer cache -Seek time (avg)
0,1ms
MTBF
2 juta jam
Bobot
94 gram
Garansi
3 tahun
Situs vendor
Harga kisaran*
US$365
* Spectrum Utama, (021) 612-5503, Minggu pertama Februari 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Technology News: OCZ RevoDrive

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification